Artikel
Anak Tanggap

Kita pasti merasa sangat kesal ketika mendapati anak-anak yang begitu mudah memukul temannya. Sayangnya, kadangkala orangtua kurang tepat dalam menyikapi.

Pada usia 0-7 tahun perkembangan emosi anak berkembang lebih dahulu dibandingkan otak rasio. Sangat wajar jika anak ketika marah, tersinggung sedikit, tahu-tahu memukul. Menurut Elizabeth B. Hurlock (1978:94) salah satu karakteristik emosi anak adalah emosi yang kuat. Masalah sepele dan masalah yang berbahaya akan disikapi dengan sikap yang sama. Di sinilah perlunya bimbingan.

Dalam beberapa penelitian (Elis Supartini; 2017), pemicu sangat tinggi dalam kasus agresivitas semacam ini adalah meniru (modelling). Hal ini bisa diserap dari perilaku orangtua atau orang-orang yang ada di dekatnya, dapat juga dari media komunikasi dan informasi yang saat ini berkembang begitu pesat.

Hal yang juga penting menjadi perhatian orangtua adalah ketidaknyamanan fisik. Misalnya suhu panas, energi berlebih, kesal terhadap kondisi fisik yang tidak segesit temannya atau kemampuan bicara yang belum lancar (Elis Supartini, 2017: 134). Disamping terus membimbing dan menstimulus ketrampilan pengendalian diri anak, orangtua perlu memberikan asupan bergizi. Susu Bubuk INDOMILK dengan kandungan Omega 3 adalah salah satu contohnya. Omega 3 membantu perkembangan fisik dan menjaga kesehatan jantung sehingga anak selalu tanggap dan mampu melakukan pengendalian diri dengan baik.