Artikel
Anak Tinggi

Diet tak hanya dilakukan orang dewasa, Moms. Si Kecil ternyata juga harus menjalani diet seimbang. Diet di sini artinya adalah makanan, dengan begitu diet seimbang berarti makanan dengan gizi seimbang mencakup karbohidrat, protein hewani dan nabati, lemak , sayuran serta buah-buhan yang kaya akan vitamin dan mineral.

Pada tahun 1995, pemerintah melalui Departemen Kesehatan mengenalkan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) sebagai panduan pemenuhan gizi masyarakat. PUGS menganjurkan porsi diet yang berbeda bagi setiap keompok usia, disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Diet Seimbang Anak Usia Sekolah

Nah, untuk anak usia sekolah ternyata membutuhkan jumlah kalori yang lebih besar dari anak balita seiring dengan tumbuh kembang yang terus berjalan. Aktivitas fisik yang semakin banyak juga berbanding lurus dengan penambahan kalori yang besar.

Pada saat Si Kecil usia 5 tahun biasanya gigi susu mulai tanggal dan gigi permanen mulai tumbuh.  Saat seperti ini Si Kecil biasanya akan mulai aktif pilah pilih makanan yang disukai dan menolak makanan tertentu.

Saat Si Kecil masuk usia sekolah biasanya selera makannya juga sering terpengaruh dengan iklan yang dilihatnya dan cenderung menyukai makanan tinggi lemak, tinggi garam tinggi kalori dan rendah serat. Sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah perlu mendapat perhatian, untuk mendapatkan konsentrasi belajar dengan baik. Pada usia ini, selain kebutuhan kalori, kebutuhan vitamin dan mineralpun bertambah, dimana kekurangan vitamin dan mineral dapat mengganggu pertumbuhan maksimal, terutama mineral kalsium, magnesium, seng,  besi, vitamin A, C, D, dan  E untuk menjaga kesehatan kulit.

Contoh menu makan harian anak usia 5-12 tahun: 

Jam 6: susu 1 gelas

Jam 9: roti 2 lembar

Jam 12: nasi, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan

Jam 15: bubur kacang hijau 1 mangkuk

Jam 18: nasi, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan

Jam 21  : susu 1 gelas

Usia anak-anak adalah usia rawan gizi, dimana pemenuhan gizinya akan berpengaruh dengan pertumbuhan fisik dan mentalnya. Selalu perhatikan kebutuhan gizi Si Kecil, Moms, berikan juga Si Kecil Susu Bubuk INDOMILK yang tinggi kalsium serta sudah dilengkapi dengan optinutri seperti Omega 3, multivitamin dan zinc serta iodium fosfor yang dapat membantu tubuh Si Kecil tumbuh maksimal.

Indomilk Susu bubuk dengan OPTINUTRI (Sumber Protein, Tinggi Kalsium dan Omega 3) membantu anak jadi Tinggi, Tangguh dan Tanggap (3T).