Artikel
Anak Tanggap

Mom, kebahagiaan bagi seorang guru saat melihat anak-anak bersemangat mengerjakan tugas. Meskipun diantara binar mata mereka, ada yang belum apa-apa sudah mengatakan, “Bu Guru, aku nggak bisa.” Kreativitas guru dalam memotivasi sangat membantu mereka untuk menyelesaikan tugas. Ada pula yang dengan riang, bahkan kadang terdengar senandung dari bibirnya sambil mengerjakan. Lihat saja, kertas kosong itu telah berubah menjadi coretan-coretan penuh makna. Ada yang coretannya tak jelas bentuknya, ada pula yang sudah sangat nyata. Sebagi guru, kita harus mampu menahan diri untuk berkomentar. Kita gali apa yang mereka buat.

Saat seperti ini adalah saat yang tepat untuk menggali potensi dan keunggulan mereka. Anak usia di atas 6 tahun ada capaian perkembangan sosial emosional yang sudah lebih berkembang, yaitu menghargai keunggulan orang lain. Guru harus mampu mengambil kesempatan ini untuk menstimulasi mereka. Misalnya dengan mengajak anak-anak memberikan tepuk tangan pada temannya yang berani tampil ke depan. Kita beri jempol pada anak yang gambarnya paling imajinatif dan kreatif. Berbagai kategori bisa kita ambil untuk melatih anak-anak menghargai keunggulan orang lain.

Selain mendapatkan stimulasi yang baik, anak perlu mendapatkan nutrisi yang tepat. Omega 3 membantu perkembangan fisik dan menjaga kesehatan jantung sehingga anak selalu tanggap menerima dan menyerap pelajaran di sekolah.

Indomilk susu bubuk dengan OPTINUTRI (Sumber Protein, Tinggi Kalsium dan Omega 3) membantu anak menjadi Tinggi, Tangguh dan Tanggap (3T)

(M. Muttaqwiati, Pendidik di TKIT Asy Syafa’ah, Karangjati, Ngawi)