Artikel
Anak Tanggap

Suatu hari putra pertama saya mogok sekolah. Saya sedih sekali melihat putra saya histeris ketika sampai di gerbang sekolah. Dibujuk bekali-kali, ia tetap menolak. Akhirnya saya biarkan saja di rumah bersama pengasuh. Saya tetap berangkat bekerja.

Hari demi hari saya mencari informasi mengapa anak saya mogok sekolah?

  1. Introspeksi Diri
    Sebelum mencari informasi dari anak atau pihak sekolah, saya melakukan perenungan. Apakah ada yang salah ketika saya menyiapkan perlengkapan sekolah? Apakah saya sudah menjadikan pagi yang menyenangkan sehingga anak saya tidak gembira berangkat ke sekolah? Saya pun mencari penyebab agar anak semakin semangat ke sekolah.
  1. Bertanya pada Anak
    Anak saya saat itu masih TK, tapi sudah cukup lancar untuk menceritakan kronologisnya. Awalnya, takut untuk bercerita. Namun, saya ajak bermain, jalan-jalan dan akhirnya ketika mau tidur, saya mengelus-elus kepalanya dan bertanya, “Kenapa sih, Nak  enggak mau ke sekolah?” anak saya bercerita penyebabnya dan saya mencoba berdamai dengan kenyataan apa pun kejadian itu.
  1. Diskusi dengan Guru
    Saat anak saya mogok sekolah, saya juga mencari informasi kepada guru yang mendampingi anak saya, apakah ada kejadian di sekolah yang kurang menyenangkan? Atau anak saya pernah berkelahi dengan temannya? Beberapa penyebab dapat saja terjadi.
  1. Solusi
    Cari solusi yang membuat anak nyaman. Jika Mom menemukan penyebab anak mogok sekolah, ajak anak berkomunikasi dan juga pihak sekolah. Jika memang ada hal yang perlu diselesaikan, sebaiknya membuat kesepakatan baik dari anak dan juga dari pihak sekolah.

Nah, Mom, pengalamanku ini semoga bermanfaat agar anak-anak mau bercerita untuk kembali ke sekolah dengan bahagia. Kini, putraku sudah berusia 13 tahun dan sangat senang bersekolah.

Untuk menambah anak semangat ke sekolah, Mom dapat menyiapkan susu bubuk Indomilk dengan nutrisi yang lengkap. Kandungan Omega-3 (DHA dan EPA) membantu anak untuk Tinggi, Tangguh dan Tanggap (3T).

(Naqiyyah Syam, ibu 3 anak, tinggal di Bandar Lampung)