Artikel
Anak Tangguh

Moms, biasanya apa yang dilakukan ketika si anak mulai memilih? Baik itu makanan, pakaian maupun kegiatan. Dibimbing, dilarang atau dibiarkan? Biasanya fase ini membuat Moms dan Ayah kewalahan untuk menghadapi anak yang keras kemauannya. Anak mulai menemukan hal yang disukai dan tidak sukai lalu belajar menyampaikannya. Sisi lain masa ini adalah saat yang tepat untuk  stimulasi pengambilan keputusan

Kemampuan mengambil keputusan terdiri dari beberapa keahlian yaitu melihat penyebab masalah, menganalisa dan menyelesaikannya. Keahlian ini akan berkembang sejalan dengan berkembangnya logika berpikir. Kemampuan ini bisa dilatih dalam kehidupan sehari-hari, Moms. Ini beberapa langkah yang bisa diterapkan.

  1. Berikan beberapa pilihan ketika mereka mulai menentukan keinginan. Bukan pilihan “iya” dan “tidak” tapi “yang ini” atau “ini”.  
  2. Moms bisa mengajak anak berdiskusi sesuai dengan umurnya saat anak sudah dapat memberikan alasan pilihannya.
  3. Ketika pilihannya terasa tidak sesuai norma. Berikan alternatif lain tanpa mengindahkan perasaannya. Catat semua pilihan yang ada dari Moms dan anak lalu bicarakan bersama hal yang bisa disetujui berdua.

Nutrisi otak yang cukup tentu diperlukan untuk stimulasi ini. Indomilk Susu bubuk dengan OPTINUTRI (mengandung sumber protein, tinggi klasium dan omega 3) membantu anak jadi Tinggi, Tangguh dan Tanggap (3T). Selamat mencoba, Moms.

(Yova Tri Yolanda.,S.Psi., M.Psi., Psikolog, Psikolog Klinis Anak)