Artikel
Anak Tinggi

Tahukah Moms, Beberapa Gangguan Pertumbuhan Yang Bisa Terjadi Pada Si Kecil
Si Kecil sedang dalam masa aktif tumbuh , untuk itu perkembangannya harus selalu dipantau dengan cermat. Jangan sampai Si Kecil mengalami salah satu gangguan pertumbuhan ini.

Defisiensi Hormon Pertumbuhan
Ini adalah kondisi dimana anak kekurangan produksi hormon pertumbuhan oleh kelenjar pituitari. Kelenjar pituitari merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang pertumbuhan. Defisiensi hormon pertumbuhan ada yang terjadi karena bawaan sejak lahir dan ada pula yang diperoleh karena kelenjar pituitari rusak disebabkan sesuatu hal dan lainnya.

Sindrom Turner
Gangguan pertumbuhan ini diakibatkan penyakit genetik yang menyebabkan cacat pada pertumbuhan anak. Sindrom ini hanya terjadi pada anak perempuan, yang hanya memiliki satu kromosom X, tidak seperti anak perempuan normal yang memiliki dua kromosom X.

Gangguan Perawakan Pendek
Jenis gangguan lain adalah perawakan pendek dimana anak tumbuh menjadi pendek dan tidak memiliki perkembangan yang cukup baik. Kondisi ini bisa menyebabkan anak terlihat tidak normal karena bentuk tubuh yang memang lebih kecil. Ada beberapa penyebab kondisi menjadi sepert ini termasuk karena kekurangan gizi, gangguan genetik, kelainan kromosom, masalah sistemik dan juga kelainan endokrin.

Gangguan pertumbuhan bisa terjadi karena ketidakseimbangan pertumbuhan alamiah tubuh. Sementara proses pertumbuhan dipengaruhi oleh faktor genetika, hormon, dan nutrisi. Peran nutrisi dalam pertumbuhan tubuh Si Kecil sangatlah penting. Asupan gizi dan nutrisi akan berpengaruh dengan produksi hormon.

Namun perlu diingat Moms, setiap anak memiliki kondisi tubuh dan kesehatan yang berbeda-beda, maka ada baiknya Moms selalu rutin konsultasi kesehatan Si Kecil pada dokter anak atau dokter tumbuh kembangnya agar bisa mengetahui perkembangan Si Kecil dengan tepat.

Berikan juga Si Kecil nutrisi dengan diet seimbang untuk mendapatkan tingkat pertumbuhan yang sehat, ikutilah takaran makan dari piramida makan seimbang dan lengkapi dengan pemberian susu. Sebagai tambahan nutrisi, Moms bisa memberikan Si Kecil Susu Bubuk INDOMILK karena tinggi kalsium serta sudah dilengkapi OptiNutri yang bisa memaksimalkan pertumbuhannya.