Artikel
Anak Tanggap

Menurut Ignatius Darma Juwono, M.Psi, psikolog dan dosen di UNIKA Atmajaya, selain tidak tahu solusi dari pertanyaan si kecil, banyak Moms juga merasa risih dan tidak nyaman membicarakan hal ini kepada si kecil.

Padahal, keterbukaan sangat penting dalam membicarakan seksualitas bersama si kecil. Apa yang perlu dipahami Moms menyikapi hal ini?

  1. Pahami bahwa pendidikan seksualitas tidak berarti sekedar membahas mengenai perilaku seks, tapi juga tentang pengenalan dan penghargaan akan tubuh Si kecil.
  2. Jangan menghukum atau memberi label negatif bila anak bertanya. Berikan penjelasan atau koreksi bila pemahamannya tidak tepat dalam bahasa yang sederhana. 
  3. Berikan penjelasan yang sesuai dengan usia anak dan lakukan nyaman. Saat Si Kecil bertanya kenapa memiliki organ yang berbeda, jawablah bahwa perbedaan itu diberikan oleh Sang Pencipta.
  4. Tekankan pada Si kecil bahwa walau berbeda, alat kelamin adalah area pribadi. Arena ini tidak boleh disentuh oleh orang lain ataupun diambil gambar dan direkam.

Sekarang Si Kecil jadi banyak melontarkan pertanyaan yang tidak terduga ya Moms, tapi jangan khawatir, karena ini saatnya ia belajar mengenal dunia.