Artikel
Anak Tangguh

Bersepeda memiliki banyak manfaat untuk si kecil, melatih motorik kasar dan membantu pertumbuhan fisiknya. Namun, saat si kecil bersepeda tetap harus dikenalkan cara yang baik dan aman.

Berikut hal yang perlu Moms ajarkan pada si kecil.

Memakai Helm

Minta si kecil untuk memakai helm dan jelaskan fungsinya bahwa keamanan itu penting saat bersepeda. Biarkan si kecil memilih helm yang disukai, agar ia tidak menolak untuk memakainya.

Jangan lupa untuk pastikan helm terpasang dengan pas di kepala si kecil. Menurut penelitian, anak yang tidak memakai helm berisiko mengalami cedera kepala hingga dua kali lipat. Bila perlu tambahkan alat pengaman di lutut dan siku juga ya, Moms.

Memeriksa seluruh bagian sepeda

Pastikan seluruh bagian sepeda berfungsi dengan baik, mulai dari stang, rem, hingga roda. Sehingga anak aman saat mengendarai sepeda.

Menjelaskan rambu-rambu lalu lintas

Moms, perlu lho untuk mengenalkan rambu-rambu lalu lintas sejak dini pada si kecil. Agar saat di jalan raya, si kecil bisa bersepeda dengan aman dan mematuhi rambu lalu lintas.

Perkenalkan warna dan fungsi lampu lalu lintas. Ajak si kecil juga mengenal tanda berhenti atau dilarang parkir.

Bersepeda pada jalurnya

Jelaskan pada si kecil adanya jalur khusus untuk pengguna sepeda di lalu lintas. Jalur ini terpisah dari kendaraan bermotor. Demi keselamatan si kecil, ajarkan agar tidak melintas dari luar jalur tersebut.

Nah, agar si kecil sehat, kuat dan aman saat bersepeda, berikan nutrisi bergizi yang mengandung kalsium dan protein yang penting untuk pembentukan tulang dan memperbaiki jaringan tubuh. Untuk bantu memenuhi asupan bergizi, jangan lupa Moms berikan Susu Bubuk INDOMILK, dua gelas setiap hari.